Kamis, 28 Juli 2011

Investasi Logam Mulia

Sering kali kita TIDAK MEMILIKI rencana investasi jagka panjang untuk menjamin kehidupan di masa yang akan datang. Padahal ketika kita coba perhatikan betapa berat tantangan yang akan dihadapi di hari esok.

Sebagai contoh,

Apakah kita telah memiliki rencana pembiayaan pendidikan untuk anak tersayang? Tahun ini biaya untuk masuk perguruan tinggi dibutuhkan dana antara 10-100 juta. Bayangkan ketika anak kita di rumah berusia antara 5-10 tahun berarti kita harus mampu mengumpulkan dana kurang lebih 10-100 juta dalam jangka waktu sekitar 10-15 tahun ke depan. Belum lagi ketika dana yang telah kita kumpulkan selama 10-15 tahun itu ternyata tidak memiliki nilai yang cukup untuk membeli biaya pendidikan. Karena ternyata uang yang kita hasilkan dari proses menabung itu mengalami penurunan nilai. 10-100 juta hari ini bisa membeli biaya pendidikan di universitas, bayangkan ketika 10-15 tahun ke depan ternyata nilai biaya pendidikan diatas 100 juta.

Oleh karena itu sudah saatnya kita mulai bersikap bijak di dalam menata kehidupan kita di masa yang akan datang. Mulailah kita memikirkan media investasi apa saja yang sekiranya bisa memberikan jaminan kehidupan di masa yang akan datang.

Apa itu INVESTASI ??

Investasi adalah mengeluarkan sejumlah uang atau menyimpan uang pada sesuatu dengan harapan suatu saat mendapat keuntungan financial

KENAPA KITA PERLU BERINVESTASI ??

* Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar. (Surat An-Nisa:9)
* Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. dan Allah Maha luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui (Surat Al-Baqarah:261)

LEBIH SEDERHANA INVESTASI PENTING UNTUK :

1. Mempersiapkan kualitas masa depan anak-anak dan keturunan kita (pendidikan, harta warisan dll)
2. Mempersiapkan kehidupan masa tua yang layak dan nyaman
3. Mempersiapkan rencana melaksanakan ibadah (menunaikan ibadah haji, Qurban dll)
4. Mempersiapkan diri ketika ekonomi Indonesia mengalami guncangan
5. Dan lain sebagainya.....

EMAS SEBAGAI PELINDUNG NILAI ASSET

Masihkah teringat saat kita kecil dulu yang pernah tinggal di desa. Di saat perbankan belum merambah sampai ke pelosok desa, kita sering mendengar dan mengetahui bahwa kakek-nenek atau orang tua memiliki simpanan emas baik dalam bentuk perhiasan maupun emas batangan.

Simpanan tersebut seringkali mereka jual untuk membiayai sekolah anak cucu mereka hingga perguruan tinggi. Pernahkah kita berpikir, untuk apa mereka menyimpan aset/harta dalam bentuk emas dan mengapa mereka membeli emas untuk mencari keuntungan?

Sadar atau tidak, yang pasti orang tua kita telah melakukan proteksi atas nilai kekayaannya yang mereka miliki sebagai bentuk antisipasi dalam kebutuhan masa datang. Mereka telah melakukan tindakan lindung nilai (hedging) secara sederhana.

Sebenarnya sebagai sarana lindung nilai secara konvensional selain emas, juga seringkali mereka terapkan pada beberapa aset lain yang mereka miliki. Pilihan tersebut sangat tergantung dengan karakter pemilik dana, karena setiap pilihan akan mengubah risiko yang dihadapi. Seperti halnya tanah, yang juga mengalami penyesuaian terhadap kenaikan harga barang (inflasi). Namun, aset ini memiliki risiko yang berbeda dengan emas, antara lain :

* Emas pasti lebih mudah dalam menjualnya, sementara tanah tidaklah demikian.
* Kenaikkan harga tanah relatif lebih lambat dari pada emas. Penjualan dan kenaikan harga juga tergantung lokasi dan kebijakan tata ruang yang ditentukan pemerintah (RUTR).
* Ini tentunya menjadi suatu risiko yang berbeda dengan emas. Emas lebih berisiko dalam hal soal keamanan karena lebih mudah hilang karena dicuri, dan ini menjadi risiko tersendiri bagi penyimpan emas itu.

selain itu, kita sebagai seorang muslim ternyata mempunyai tuntunan dari Baginda Rosululloh Saw, seperti dalam hadist di bawah ini :

Diriwayatkan dari ‘Urwa : “Bahwa Nabi memberinya satu Dinar untuk membeli domba untuk beliau. ‘Urwa membeli dua ekor domba untuk beliau dengan uang tersebut. Kemudian dia menjual satu ekor domba seharga satu Dinar, dan membawa satu Dinar tersebut bersama satu ekor dombanya kepada Nabi. Atas dasar ini Nabi berdoa kepada Allah untuk memberkahi transaksi ‘Urwa. Sehingga ‘Urwa selalu memperoleh keuntungan (dari setiap perdagangannya) – bahkan seandainya dia membeli debu”. (Di riwayat lain) ‘Urwa berkata : “Saya mendengar Rasulullah SAW berkata, “Selalu ada kebaikan pada kuda sampai hari kiamat””. (Periwayat lainnya lagi menambahkan “saya melihat 70 ekor kuda di rumah ‘Urwa.”) ( Sufyan berkata, “Nabi menyuruh ‘Urwa untuk membeli domba untuk beliau sebagai hewan qurban”.) (Shahih Bukhari, Kitab 56, Hadits No 836).

ILUSTRASI DARI HADIST DI ATAS ADALAH :

1. Pada suatu ketika seorang sahabat Rasul diminta membeli seekor kambing oleh Rasulullah SAW dengan dibekali uang satu dinar. Ia membeli kambing dipasar. Ketika akan pulang kambing yang dibelinya itu ada yang menawar. Lalu ia jual dengan harga 2 dinar. Sahabat itu kembali lagi ke pasar dan membeli satu ekor kambing dan menyerahkannya ke Rasulullah beserta uang satu dinar.
2. Yang menarik soal harga seekor kambing saat itu yang satu dinar. Uang satu dinar adalah satu koin emas 22 karat seberat 4.25 gram yang sampai kini beratnya tidak berubah.
3. Coba kita menghitung Harga emas 22 karat seberat 4.25 gram saat ini dalam rupiah berarti sekitar Rp. 1.4 jutaan. “Ternyata harga kambing saat kurban kemarin sekitar Rp. 1.4 jutaan juga. Bayangkan berarti setelah 1400 tahun nilai tukar emas tak berubah. Jika kita membeli kambing dengan uang dinar saat ini akan membutuhkan satu dinar juga,”. Tetapi jika konversinya kurs lain maka harga emas akan mengalami kenaikan yang cukup signifikan karena faktor devaluasi mata uang yang jadi penukarnya

MANFAAT & KEMUDAHAN DALAM INVESTASI EMAS (LM)

* Anti inflasi ekonomi global
* Tingkat pengembalian yang tinggi
* Mudah dicairkan (liquiditas tinggi)
* Menguntungkan (profitable)
* Mudah dipindahkan (portable)
* Tahan lama (durable)
* Kepemilikan dan pengelolaan sendiri (ownership & stewardship)
* Nilai emas (logam mulia) relatif stabil dan cenderung mengalami peningkatan nilai

1 oz (ons) = 28,35 gram (standar internasional)
Tahun 2006 harga 1 oz Logam Mulia Rp 4.217.541 atau sekitar Rp 148.770/gram
Tahun 2010 harga 1 oz Logam Mulia Rp 10.449.067atau sekitar Rp 368.573/gram

SEPERTI APA EMAS MURNI 24 KARAT (LOGAM MULIA)??

Logam mulia yang asli adalah logam mulia yang diproduksi oleh PT. Aneka Tambang (PT. ANTAM)

Ciri LM tersebut asli adalah :

* Memiliki sertifikat keaslian dari PT. Antam, Sertifikat asli memiliki nomor seri yang juga terdapat pada lempengan emas
* Berbentuk batangan dengan tanda khusus yang jelas (ada logo LM berbentuk segi lima yang tertera, serta terdapat tulisan Fine Gold .9999)

MEMBELI LOGAM MULIA (LM) MELALUI MAG (MEGA ARWANA GOLD)

Secara konvensional kita dapat melakukan pembelian LM dengan langsung mendatangi PT. Aneka Tambang (PT. ANTAM), karena hanya perusahaan negara inilah yang secara resmi mengeluarkan produk LM bersertifikat yang diakui dunia. Akan tetapi penjualan yang dilayani oleh PT. Antam mempunyai "keunikan" tersendiri, yaitu selain transaksi harus langsung dilakukan di kantor PT. Antam (Jakarta dan Surabaya) juga tidak setiap calon pembeli bisa langsung bertransaksi, hal ini lebih disebabkan keterbatasan stock LM yang sangat sedikit sedangkan peminat/calon pembeli sangat banyak. Akhirnya tidak setiap orang dapat dengan mudah melakukan pembelian/transaksi di PT. Antam.

Dengan kondisi demikian maka kami MAG berusaha menjembatani masyarakat yang mempunyai keinginan memiliki LM dalam jumlah di bawah 100gram dengan cara pembelian yang sangat mudah, berencana, terpercaya (karena LM yang kami jual hanya produk PT. ANTAM) dan sesuai dengan Syariah Islam.

UNTUK LEBIH JELAS MELAKUKAN TRANSAKSI JUAL-BELI LM DENGAN MEGA ARWANA GOLD (MAG) ANDA BISA LANGSUNG MENGHUBUNGI KAMI DI JL. KAPTEN SARWONO NO. 62 BANJARAN (08122225609/022-91115657)

1 komentar:

negeriads.com

Kegiatan Para Pecinta Qur'an & Sunnah